Hidup dengan tuhan

Minggu, 17 November 2019

Hidup Baru Dalam Kristus, Seperti Apa Seharusnya ?

Minggu 17 November 2019

Hidup Baru Dalam Kristus, Seperti Apa Seharusnya?

Bagaimana cara hidup baru dalam Kristus?

      Tak sedikit orang Kristen mengetahui cara hidup baru dalam Kristus meskipun telah bertahun-tahun bahkan mungkin berpuluh tahun menjadi Kristen.  Secara sederhana, hidup baru dalam Kristus tak lebih dari sekedar meninggalkan pelanggaran dan dosa yang masih sering kita lakukan. Hidup baru dalam Kristus berarti tidak lagi menuruti keinginan kedagingan yang menuntun ke dalam kebinasaan namun hidup baru dalam tuntunan Roh Kudus setiap hari sebagai jawaban atas keselematan yang Allah telah berikan melalui pengorbanan Anak TunggalNya di kayu salib. Ini artinya kita harus mengizinkan Allah memindahkan kita dari kegelapan menuju ke dalam terang ajaib yaitu Kerajaan AnakNya (Kol.1:13)

Ciri Hidup Baru Dalam Kristus
Ciri Hidup Baru Dalam Kristus

    Cara mengetahui hidup berada di dalam Kristus adalah amat mudah yaitu bila hidup Anda diatur oleh Alkitab. Apakah Anda menjunjung tinggi dan memandang Firman Allah sebagai penguasa atas kehidupan Anda? “Tetapi barangsiapa menuruti firmanNya, di dalam orang itu sungguh sudah sempurna kasih Allah; dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Dia” (1 Yohanes 2:5).
                                  Anugerah Home politeknik indah

Alkitab sangat jelas, kita menjadi satu dengan Allah di dalam Kristus jika kita mengasihi dan menaati firman Allah.

Kemurahan adalah salah satu ciri hidup baru dalam Kristus.
Alkitab berkata jika kita tidak memiliki kemurahan atau tidak dapat mengasihi tanpa syarat, maka kita belum berada di dalam Kristus.
“Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna” (1 Korintus 13:2). Kalimat “sama sekali tidak berguna” berarti “Saya tidak berguna sekarang dan untuk selama-lamanya juga begitu.” Sebab tanpa Kasih, kita bukan siapa-siapa dan akan selama-lamanya bukan siapa-siapa.

Kita bisa saja seorang pengkhotbah, majelis/pengurus gereja yang giat melayani Tuhan dalam pelayanan gereja tapi jika Anda tidak memiliki kasih,
maka kita sama sekali bukan siapa-siapa di mata Tuhan.

Hidup baru dalam Kristus berarti “rela” terus menerus diperbarui

Barangsiapa yang berada di dalam Kristus tidak hanya mengalami satu pengalaman pertobatan namun juga terus menerus berseru pada Tuhan untuk diubah dan diberbarui oleh Roh Kudus. Doa mereka setiap hari adalah, “Tuhan, bersihkanlah diriku dari setiap noda dosa, jadikan aku anak yang berkenan padaMu!”

Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang (2 Korintus 5:17)

Keselamatan yang kita terima bukanlah karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena Kasih KaruniaNya semata, itu murni 100% prakarsa Allah. Meninggalkan tabiat manusia lama dan mencoba hidup baru dalam Kristus adalah sebuah proses yang tak langsung bisa sempurna namun itulah yang Allah kehendaki harus terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.

mahasiswa papua Walak Sulut

2 komentar: