Hidup dengan tuhan

Minggu, 17 November 2019

PEMUDA KRISTEN TENTANG MASA DEPAN

KHOTBAH PEMUDA KRISTEN TENTANG MASA DEPAN

Masa Depan Menantiku
Bacaan: Amsal 23:12-18


“Janganlah hatimu iri kepada orang-orang yang berdosa, tetapi takutlah akan TUHAN senantiasa. Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang.”
Amsal 23:17-18

Bagi seorang pemuda apa yang paling dikhawatirkan di dalam hidupnya? Ya pasti semuanya mengkhawatirkan masa depannya. Sebenearnya tidak hanya pemuda saja, orang tua pun masih mengkhawatirkan masa depannya. Masa depan merupakan sesuatu yang sangat rahasia dan menjadi sebuah misteri. Tidak ada seorang pun tahu akan masa depannya.

Pasti diantara kita semua tidak ada yang ingin masa depannya buruk bukan?

Pasti kita mendambakan pekerjaan yang kita impikan, memiliki rumah mewah, kendaraan pribadi bahkan membangun sebuah keluarga bersama dengan orang yang dikasihi.

Masa depan yang Tuhan berikan bagi kita semua sungguhlah indah. Jika pada saat ini kamu merasa tidak memiliki masa depan apa yang mebuatmu berkata demikian? Apakah karena kamu merasa tidak dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi seperti teman-temanmu?

Apakah karena kamu merasa harus bekerja lebih keras dari orang lain yang ada di sekitarmu? Atau karena kamu merasa hidupmu tidak seberuntung orang yang ada di sebelahmu? Ingatlah, setiap orang memiliki kesusahannya sendiri-sendiri. Belum tentu apa yang kamu lihat saat ini sama seperti kenyataan hidup yang harus ia jalani.
Gambar acara penerimaan Pelajar,mahasiswa/i Walak di Wisma Manado

      Terkadang sebagai seorang manusia kita hanya melihat segala sesuatu dari satu sudut pandang saja yang menurutnya benar. Kita terkadang melihat segala sesuatu melalui pemikiran kita saja. Bukankan apa yang kita pikirkan tidak selalu benar dan seperti kenyataannya. Setiap orang yang ada disini memiliki masa depannya sendiri-sendiri. Tuhan telah merenda masa depan kita sebaik mungkin. Masa depan yang tentunya penuh dengan kasih Tuhan. Namun, untuk mewujudkan masa depan yang indah itu, kita tidak boleh berdiam diri saja. Kita juga perlu melakukan sebuah aksi dan tindakan untuk mewujudkannya.

      Misalnya dengan belajar atau bekerja dengan sepenuh hati. Jika pada saat ini kamu merasa kamu harus bekerja keras untuk menggapai masa depan itu, maka bekerjalah dengan segenap kemampuanmu sebab tidak ada sesuatu yang dapat terjadi dengan instan di dunia ini.
Janganlah takut dengan masa depan yang menantimu. Jika kamu hanya berpikir bahkan kamu tidak memiliki masa depan yang indah kamu sungguh salah sebab ada tangan Tuhan yang sedang merendanya. Kita tidak tahu seperti apa kita ke depannya. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi satu jam kemudian bahkan hari esok. Manusia hanya menduganya saja, sebab tidak ada seorang pun yang mengetahui apa yang terjadi dalam dirinya.

      Tuhan bisa mengubah hidupmu bahkan keadaanmu saat ini. Ia bisa mengubahnya menjadi lebih indah seturut dengan kehendakNya. Datanglah kepadaNya dan berdoalah selalu agar Ia menguatkan dan menguhkan kamu agar kamu justru tidak jatuh ke dalam pencobaan. Raihlah masa depan itu dengan senyuman dan penuh pengharapan. Janganlah kamu mengeluh akan saat ini sebab kamu tidak tahu akan apa yang terjadi besok. Sama seperti Yusuf yang harus melalui banyak ujian hingga akhirnya ia memperoleh apa yang ia impikan. Selain berdoa, ia juga harus bekerja keras untuk mewujudkannya.

Sekarang janganlah kamu hanya terfokus pada apa yang sedang terjadi. Janganlah pikiranmu hanya berpusat pada pemahaman jika kamu tidak memiliki masa depan sebab hidupmu tidak sama dengan yang lain. Tuhan memiliki cara tersendiri untuk mewujudkan masa depanmu itu. Kamu harus melewati berbagai macam proses.
Yakinlah bahwa masa depan itu sungguh ada dan sedang menantimu. Kerjakan apa yang sedang kamu kerjakan pada saat ini dengan sebaik mungkin. Tuhan Yesus memberkati.


https://samexaptblogaddress.blogspot.com/2019/11/pemuda-kristen-tentang-masa-depan.html
#samexthoend
#walak

1 komentar: